Program deret bilangan ganjil atau genap dengan C

Hallo sobat semua, postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya yaitu menentukan apakah sebuah bilangan itu ganjil/genap. Dimana kita akan membuat deret bilangan ganjil atau genap. 

Deret adalah suatu rangkaian bilangan atau suku-suku yang diatur berdasarkan aturan tertentu. Dalam matematika, deret sering kali merupakan jumlah dari suku-suku berurutan dari suatu barisan. Terdapat beberapa jenis deret yang umum ditemui, termasuk deret aritmatika, deret geometri, dan deret tak hingga. 

Deret genap : 0, 2, 4, 6, 8, 10, ...

Deret ganjil : 1, 3, 5, 7, 9, ...

Deret ini dimulai dengan menentukan bilangan pertamanya terlebih dahulu, kemudian setiap bilangan berikutnya ditambahkan dengan 2 hingga mencapai n. Misalnya, jika kita memilih bilangan pertama sebagai 0, maka deret yang dihasilkan akan menjadi deret bilangan genap (0, 2, 4, 6, ..., n). Sebaliknya, jika kita memilih bilangan pertama sebagai 1, maka deret yang terbentuk akan menjadi deret bilangan ganjil (1, 3, 5, 7, ..., n). 

Mari kita buat programnya :


Program Deret Ganjil atau Genap

#include <stdio.h> int main() { int bilangan_pertama, n; // Meminta pengguna memasukkan bilangan pertama dan n (panjang deret) printf("Masukkan bilangan pertama: "); scanf("%d", &bilangan_pertama); printf("Masukkan panjang deret (n): "); scanf("%d", &n); // Membuat dan mencetak deret berdasarkan pilihan if (bilangan_pertama % 2 == 0) { printf("Deret Genap: "); } else { printf("Deret Ganjil: "); } for (int i = 0; i < n; i++) { printf("%d ", bilangan_pertama); bilangan_pertama += 2; } return 0; }
Jika di run maka hasilnya akan seperti ini :


Pengguna memasukkan bilangan pertama (bilangan awal deret) dan panjang deret (n). Program ini akan mencetak deret bilangan genap atau ganjil berdasarkan pilihan pengguna untuk bilangan pertama. Berikut penjelasan lebih lanjut:

Program meminta pengguna untuk memasukkan dua nilai, yaitu bilangan_pertama (bilangan awal deret) dan n (panjang deret) menggunakan scanf.

Program kemudian memeriksa apakah bilangan_pertama adalah genap atau ganjil dengan menghitung sisa bagi (%) terhadap 2. Jika hasilnya adalah 0, itu berarti bilangan pertama adalah genap. Jika hasilnya bukan 0, itu berarti bilangan pertama adalah ganjil.

Program mencetak pesan yang sesuai tergantung pada apakah bilangan_pertama adalah genap atau ganjil. Jika genap, program mencetak "Deret Genap:", dan jika ganjil, program mencetak "Deret Ganjil:"

Kemudian, program menggunakan loop for untuk mencetak deret bilangan. Dalam loop ini, setiap suku deret dicetak, dan kemudian bilangan_pertama ditingkatkan sebesar 2 (untuk deret genap) atau sebesar 1 (untuk deret ganjil) untuk mendapatkan suku berikutnya dalam deret.

Loop ini berjalan sebanyak n kali sesuai dengan panjang deret yang diminta oleh pengguna.

Hasil akhirnya adalah mencetak deret genap atau ganjil yang dimulai dari bilangan pertama yang telah dimasukkan oleh pengguna dan berlanjut hingga n suku sesuai dengan pilihan pengguna.

Jika sobat ada pertanyaan langsung komen aja atau hubungi email rosebravo2020@gmail.com


Post a Comment for "Program deret bilangan ganjil atau genap dengan C"